Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis Mempunyai Misi Mewujudkan kondisi tempat belajar yang kondusif. Melaksanakan Pembelajaran berkarakter.

Jumat,19 Januari 2024 21:50:11 Wib

Tiga Desa KLB Campak Rubella, Upaya Ini yang Dilakukan

BENGKALIS- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkalis menetapkan tiga desa, yakni Desa Air Putih, Desa Kuala Alam dan Desa Sungai Alam Kecamatan Bengkalis sebagai desa dengan Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus Campak Rubella.

Status KLB tersebut terhitung sejak 17 Januari 2024 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Kepala Dinkes Ermanto melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Irawadi mengatakan penetapan KLB Campak Rubella ke tiga desa ini, menyusul setelah menindaklanjuti hasil uji laboratorium sampel darah serum ke Laboratorium Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan RI, bahwa terkonfirmasi dua sampel kasus positif Rubella di dua desa, yaitu Desa Air Putih dan Desa Kuala Alam.

"Berdasarkan dari kajian cepat terhadap wilayah desa kasus yang terjadi maka Dinkes telah menetapkan KLB Campak Rubella mencakup tiga desa, Desa Air Putih, Desa Sungai Alam dan Desa Kuala Alam," ungkap Irawadi ketika dikonfirmasi, Jumat (19/1/24) petang.

Adanya KLB tersebut, Dinkes Bengkalis disampaikan Irawadi telah melakukan upaya penanggulangan dengan melakukan Outbeak Respon Imunization (ORI) dengan cara pemberian imunisasi MR (measles rubella) kepada seluruh anak usia di atas atau 9 bulan hingga 16 tahun tanpa melihat status imunisasi sebelumnya di tiga desa terdampak tersebut.

"Kami juga mohon dukungan kepada seluruh aparatur kecamatan dan desa terdampak untuk melaksanakan sosialisasi, penggalangan massa serta melaksanakan ORI dapat berjalan optimal sehingga sasaran imunisasi dapat divaksinasi sesuai dengan target dan waktu yang telah ditentukan," imbaunya.***

Foto ilustrasi

Laporan pelaksanaan ORI pada 19 Januari 2024 total vaksinasi MR berjumlah 216 orang. Terdiri dari :

1. SMP 11 Sasaran 207, diberikan vaksinasi MR 178 orang, tu,nda 7 orang, tidak hsdir 23 orang.

2. MTS AR-RASYIDIAH sasaran 70 orang, vaksinasi MR 38 orang, tidak hadir 32 orang.
Publikasi

Berita Lainnya