Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis Mempunyai Misi Mewujudkan kondisi tempat belajar yang kondusif. Melaksanakan Pembelajaran berkarakter.

Sabtu,13 Januari 2024 21:50:11 Wib

Kampanyekan Bahaya HIV dan LGBT, Ratusan Peserta Meriahkan Puncak HKN dan Hari AIDS Sedunia

BENGKALIS- Dinas Kesehatan dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Bengkalis menggelar puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 dan Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2023, Sabtu (16/12/23).

Dikuti dan dimeriahkan sekitar 700 peserta terdiri dari pelajar SMA sederajat dan masyarakat, kegiatan berlangsung di Lapangan Tugu Bengkalis diawali senam bersama dipimpin langsung Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis, Bagus Santoso dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Bengkalis, Ermanto.

Puncak kegiatan ditandai dengan Kampanye Terbuka oleh Wabup Bengkalis Bagus Santoso yang mengedepankan isu HIV dan AIDS dan bahayanya tingkah laku bertentangan dengan norma agama dan sosial masyarakat, yaitu LGBT (lesbian, gay dan biseksual serta transgender).

Wabup Bagus menyoroti bahayanya penyebaran HIV pada remaja dan perilaku menyimpang dari norma-norma agama yaitu harus menghindari atau LGBT.

Wabup Bagus juga menekankan pentingnya peran keluarga dalam membimbing anak-anak.

"Waspadai bahaya penyebaran HIV kepada remaja, perilaku LGBT jangan sampai anak-anak terpengaruh dan menjadi korban yang sangat jelas bertentangan dengan norma-norma agama. Keluarga memberikan perhatian lebih kepada anak dalam pergaulannya," pesannya.

"Agar masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum menikah sebagai langkah preventif penyebaran HIV. Jauhi prilaku menyimpang dari norma agama, LGBT. Itu sangat berbahaya bagi generasi kita," pesan Wabup.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinkes Ermanto menambahkan, bahwa puncak acara HKN dan AIDS Sedunia pada tahun 2023 ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pendidikan kepada masyarakat tentang bahaya HIV serta LGBT.

"Mudah-mudahan melalui kegiatan seperti ini mampu memberikan edukasi atau pendidikan kepada masyarakat tentang bahayanya HIV dan LGBT di tengah-tengah masyarakat," tegas Ermanto.

Panitia HKN 59 Yessica Vebrina menyampaikan, bahwa kegiatan ini melibatkan lintas sektor, selain Dinkes, KPA, Politeknik Negeri Bengkalis, STAIN, STIE Syariah, Kemenang Bengkalis, Satpol PP, Dishub, serta pelajar SMA sederajat se-Kecamatan Bengkalis-Bantan.

Momentum puncak HKN 2023 ini, disebutkan pria juga menjabat sebagai Kabid P2P Dinkes ini, turut dilakukan penyerahan penghargaan capaian program Puskesmas dan lomba rangkaian peringatan HKN ke-59 oleh Wabup Bengkalis.

"Lomba melibatkan berbagai cabang, seperti badminton, bola voli, futsal, domino, pembuatan video kreasi tingkat SLTA, pembuatan poster, dan video konten tingkat perguruan tinggi/SLTA," ungkap Yessi.

Sementara itu, Irawadi, Ketua Panitia Hari AIDS Sedunia menambahkan, memperingati Hari AIDS Sedunia 2023, Komisi AIDS Bengkalis dikatakan Irawadi juga menggelar pemeriksaan kesehatan skrining HIV dan PTM kepada masyarakat dengan target pencapaian 1.170 orang.

"Dipuncak HKN dan Hari AIDS Sedunia ini dimanjakan dengan penarikan hadiah untuk peserta yang beruntung. Kegiatan ini juga turut didukung oleh Baznas, Bappeda, Dispora, Disduk KB, Bulog, PLN, Diskominfo, BRK, Bank BPR, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di Bengkalis," imbuhnya.***
Publikasi

Berita Lainnya