Header Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis

Bhakti Sosial IDI, Ratusan Warga Nikmati Pengobatan dan Sembako Gratis

Senin, 23 April 2018

BENGKALIS- Sekitar 400-an warga di Desa Bantan Tengah Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis menikmati pengobatan gratis sekaligus menerima bantuan berupa Sembako serta buku panduan dalam serangkaian kegiatan Bhakti Sosial yang digelar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bengkalis.

Kegiatan dilaksanakan sehari pada Ahad (15/4/18) pekan lalu ini, berlangsung di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 03 Bantan Tengah, dan secara simbolis dibuka serta diserahkan oleh Bupati Bengkalis diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkalis, Supardi, S.Sos, MH, dan turut disaksikan oleh Ketua IDI Wilayah Riau, dr. Zul Asdi.

Mewakili Bupati Bengkalis, Plt. Kepala Dinkes Kabupaten Bengkalis, Supardi dikesempatan ini mengatakan, menyambut baik dan mengapresiasi sejumlah kegiatan yang ditaja IDI Cabang Bengkalis tersebut.

Kegiatan untuk pertama kali digelar di Bengkalis tidak hanya kalangan dokter umum, juga diikuti oleh para dokter-dokter spesialis, merupakan salah satu bentuk partisipasi dari IDI untuk menyukseskan program pemerintah menuju Bengkalis Sehat.

Melalui kegiatan ini banyak yang diberikan oleh para dokter kepada masyarakat. Dan tidak semua masyarakat mampu untuk mengurus kesehatannya karena terkendala keuangan, kendaraan dan lainnya.

Kondisi geografis Kabupaten Bengkalis terdiri dari daratan Sumatera dan Kepulauan serta kondisi ekonomi masyarakat saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis tetap berupaya meningkatkan taraf hidup sehat masyarakat, melalui peningkatan sarana dan prasarana serta tenaga medis di pusat pelayanan kesehatan desa, kecamatan maupun kabupaten.

"Namun, usaha itu tidak akan tercapai jika tidak didukung oleh para dokter dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan di pusat-pusat kesehatan. Kita berharap semangat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tidak berkurang atau defisit," katanya lagi.

Supardi juga berharap, seluruh komponen bergandeng tangan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui program yang sudah tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) Kabupaten Bengkalis, yakni meliputi meningkatkan akses dan mutu pelayanan, dengan pemenuhan pelayanan kesehatan dasar, termasuk layanan rujukan kepada masyarakat didukung dengan kemudahan akses baik jarak maupun pembiayaan, memfokuskan pada upaya percepatan pembangunan kesehatan di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK).

"Agar mendapatkan kesempatan yang sama dan berkurangnya disparitas status kesehatan antar wilayah. Mengutamakan upaya promotif, preventif, untuk meningkatkan kualitas manusia yang sehat, dan mengurangi angka kesakitan," harapnya.

"Bhakti Sosial IDI ini kita harapkan dapat dilaksanakan setiap tahunnya. Tahun depan, kegiatan itu dilakukan di daerah yang terpencil atau daerah yang sulit dijangkau. IDI Bengkalis dan IDI Riau melaksanakan kegiatannya di wilayah Kabupaten Bengkalis," imbuhnya.

Sebelumnya, Sabtu (14/4/18), IDI Cabang Bengkalis juga menggelar kemah bersama dengan nama kegiatan Selatbaru Medical Gathering di Pantai Indah Selatbaru yang diikuti oleh sejumlah dokter umum dan dokter spesialis yang ada di Bengkalis.***

Foto : Plt. Kepala Dinkes Kabupaten Bengkalis Supardi, S.Sos, MH menyerahkan secara simbolis bantuan Sembako kepada warga.