Header Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis

Ruang Pelayanan Puskesmas Bengkalis Harus Diperluas

Minggu, 24 September 2017

BENGKALIS- Semakin tingginya permintaan akan layanan masyarakat terhadap kesehatan, sejumlah sarana dan prasarana yang ada di sejumlah Puskesmas Bengkalis mulai tidak lagi memadai. Hal ini menjadi perhatian serius Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkalis untuk segera mencari solusinya.

Seperti terpantau di Unit Pelayana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bengkalis. Sarana maupun prasarana di salah satu unit pelayanan kesehatan sudah tidak memadai karena daya tampung pasien yang terbatas.

Diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kabupaten Bengkalis Supardi, kondisi Puskesmas Bengkalis saat ini tidak bisa lagi menampung jumlah pasien yang berobat setiap harinya. Kondisi ruangan juga terlalu sempit menjadikan bekerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat terlihat tidak nyaman.

"Kita lihat sendiri tadi, ruangan cukup kecil sementara jumlah pasien yang datang sangat ramai, sehingga kurang nyaman untuk memberikan pelayanan," ujarnya disela-sela peninjauannya ke Puskesmas Bengkalis, Jum’at (22/9/17).

Menurut Supardi, peninjauan langsung ke salah satu pusat layanan terdekat ke masyarakat ini, pihaknya juga berencana akan melakukan peningkatan kenyamanan kerja di seluruh Puskesmas yang ada.

“Namun perlu untuk memetakan mana yang paling prioritas terlebih dahulu. Mana yang bisa dibangun lebih cepat. Yang jelas kita akan lakukan perbaikan secara bertahap untuk meningkatkan kualitas layanan di Puskesmas ini," ungkapnya.

Supardi menambahkan, perluasan ruangan pelayanan dan kerja Puskesmas ini direncanakan Dinkes Bengkalis akan diajukan pada APBD 2018 mendatang.

Sedangkan untuk alat kesehatan (Alkes) yang rusak, dikatakan Supardi akan bisa diganti saat ini. "Kalau untuk untuk alat kesehatan yang rusak akan kita ganti. Tadi sudah kita lakukan pendataan alat yang dibutuhkan di Puskesmas Bengkalis ini," imbuhnya.

Selain meninjau kondisi Puskesmas Bengkalis, Plt. Kepala Dinkes Bengkalis Supardi juga meninjau sarana dan prasarana Puskesmas Rawat Inap Selatbaru, di Kecamatan Bantan.***

Foto : Supardi, Plt. Kepala Dinkes Kabupaten Bengkalis meninjau Puskesmas Bengkalis, Jum’at (22/9/17).