Header Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis

DISKES BENGKALIS SOSIALISASIKAN BAHAYA TBC

Selasa, 28 Oktober 2014

BENGKALIS- Guna memutus mata rantai penularan Tuberculosis atau lebih dikenal dengan sebutan TBC, Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Bengkalis bekerja sama dengan Diskes Provinsi Riau, menggelar sosialisasi yang di Kecamatan Mandau.

Kegiatan dilakukan pada Kamis (23/10/14) lalu ini dihadiri utusan dari enam kelurahan di Kecamatan Mandau, dan diharapkan menjadi pilot projek di daerahnya masing-masing dalam menyosialisasikan bahaya penularan TBC.

"Dengan sosialiasasi ini hendaknya peserta yang mewakili daerahnya masing-masing dapat menjadi garda terdepan dalam memutus mata rantai penularan penyakit berbahaya ini," ujar Kepala Diskes Bengkalis Moh. Sukri melalui Kepala Bidang PMKL Diskes Bengkalis Irawadi.

Ditambahkan Irawadi, sejauh ini masyarakat yang disangkakan mengidap TBC ini berjumlah 317 orang di Kabupaten Bengkalis dan baru 64 orang yang sudah diobati serta yang terbanyak berada di Kecamatan Mandau.

Untuk diketahui ciri-ciri orang yang terinfeksi dan mengidap TBC ini di antaranya mengalami keringat namun tanpa aktivitas di malam hari, batuk berdahak yang tak kunjung sembuh selama tiga pekan lebih, berat badan turun drastis, nafsu makan menurun, sesak nafas dan batuk darah.***