Header Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis

Plt. Kepala Dinkes Pantau Langsung Pencanangan Vaksin MR

Jumat, 24 Agustus 2018

BENGKALIS- Pencanangan atau pelaksanaan Program Nasional Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, imunisasi Campak/Measles dan Rubella (MR) untuk anak 9 bulan hingga di bawah 15 tahun, sebanyak 193 orang pelajar di beberapa sekolah dasar (SD) dan bayi bawah lima tahun (Balita) di Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis diberikan vaksin masih berlangsung, Jum'at (3/8/18) lalu.

Seperti pemberian imunisasi kepada pelajar SD dan Balita di Desa Deluk, oleh tim medis terdiri dari dua dokter dari Puskesmas Bantan, Perawat Pustu, dan Bidan Polindes setempat.

Realisasi pencanangan ini juga disaksikan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkalis, Supardi, S.Sos, MH. Dan selain menyaksikan, Sekretaris Dinkes ini juga memberikan penyuluhan sekaligus motivasi kepada para orang tua murid dan Balita agar memberikan imunisasi MR kepada anak-anaknya.

Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan masyarakat maupun perangkat desa antusias mengikuti dan menyukseskan pencanangan imunisasi sampai selesai,” ungkapnya.

Selain itu Tim Dinkes Kabupaten Bengkalis juga blusukan, ke sekolah sasaran, diantaranya ke SDN 13 Desa Bantan Tua dan disambut kepala sekolah, Zainudin serta majelis guru.

Kesempatan ini, Plt. Dinkes Bengkalis Supardi juga melakukan dialog tentang pentingnya pencegahan penyakit melalui vaksin kepada wali murid yang masih ragu-ragu untuk memberikan imunisasi kepada anak-anaknya.

“Kemudian setelah diskusi disepakati imunisasi tetap dilanjutkan dan para orang tua murid yang masih ragu akan diberikan sosialisasi oleh tim medis,” terang mantan Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Bengkalis ini lagi.

Ditambahkan Supardi, bahwa Tim Dinkes akan terus memantau dan memonitoring jalannya pencanangan imunisasi MR, terutama lokasi yang ada kendalanya pelaksanaanya. Termasuk akan terus melakukan koordinasi kepada Disdik Kabupaten Bengkalis serta instansi terkait untuk menyukseskan program nasional ini.

"Kami mengimbau kepada orang tua yang mempunyai anak, segera memberikan vaksin MR untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk penyakit Campak dan Rubella belum ditemukan obatnya. Saat ini hanya ada upaya pencegahan dengan pemberian vaksin," ajaknya.***

Foto : Plt. Kepala Dinkes Bengkalis, Supardi, S.Sos, MH menyaksikan langsung pemberian imunisasi MR kepada Balita di Desa Deluk.