Header Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis

REVITALISASI SISTEM KESEHATAN TIM PENYUSUN SOP

Jumat, 31 Oktober 2014

BENGKALIS- Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Bengkalis melakukan pertemuan revitalisasi sistem kesehatan kepada 11 petugas medis di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Kegiatan berlangsung 29 Oktober hingga 1 November 2014 tersebut diharapkan mampu menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) dan tercapainya komitmen seluruh unsur pelayanan pada Puskesmas di Kabupaten Bengkalis.

Kepala Diskes Kabupaten Bengkalis Moh. Sukri melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) didampingi Kepala Seksi Yankes Dasar Imam Subchi mengatakan, penilaian pelayanan kesehatan di Puskesmas menunjukkan hasil yang belum memenuhi standar kualitas. Padahal Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan yang mempunyai misi menyelenggarakan upaya kesehatan esensial yang bermutu, merata dan terjangkau masyarakat.

“Oleh karena itu salah satu upaya penataan dan peningkatan mutu pelayanan diwujudkan dalam bentuk penyusunan dan implementasi SOP. Ini sangat penting karena SOP adalah pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi,” ungkapnya, Jumat (31/10/14).

Dijelaskan, dengan adanya SOP tersebut penyelenggaraan administrasi pemerintahan juga dapat berjalan dengan pasti dan adanya SOP juga merupakan salah satu pra syarat menuju akreditasi Puskesmas.

“Apabila semua kegiatan sudah sesuai dengan SOP, maka secara bertahap kualitas pelayanan publik akan lebih profesional, cepat dan mudah. Oleh karena itu harus bekerja keras, dan sesuai dengan Permenkes 71/2013 paling lambat 2018 seluruh Puskesmas telah terakreditasi,” katanya lagi.***

Teks Foto : Belasan peserta Tim Penyusun SOP utusan Puskesmas ikuti revitalisasi sistem kesehatan.