Header Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis

Penilaian KUBE dan Pendamping KUBE Berprestasi 2012

Rabu, 19 September 2012

DINSOS BENGKALIS - Puluhan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan pendamping KUBE se Kabupaten Bengkalis baru-baru ini diberikan pembekalan dan sekaligus penilaian bagi KUBE berprestasi di Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan memberikan motivasi serta menggali kreatifitas bagi pengurus dan pendamping kelompok usaha bersama (KUBE) di Kabupaten Bengkalis. Kegiatan ini menurut Dra. HJ. Martini, MH selaku penanggungjawab kegiatan mengatakan bahwa " kegiatan ini bertujuan untuk menggali kreatifitas dan motivasi pengurus dan pendamping KUBE dalam menjalankan kegiatan maka secara rutin Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Sosial setiap tahunnya dilaksanakan kegiatan penilaian KUBE dan pendamping KUBE berprestasi bagi PMKS keluarga miskin mulai dari tingkat Kabupaten sampai di tingkat Nasional " .

Lebih lanjut Hj. Martini mengungkapkan aspek yang dinilai bagi Pendamping KUBE meliputi aspek Administrasi, Kegiatan Pendampingan, penerimaan masyarakat dalam arti sejauh mana perannya dalam kelompok maupun di masyarakat dan aspek pengembangan jaringan. Sementara bagi kelompok usaha bersama (KUBE) dinilai dari aspek kelembagaan, administrasi, ekonomi, penilaian usaha, tanggungjawab sosial dan aspek kemitraan. Pelaksanaan penilaian KUBE dan pendamping KUBE Kabupaten Bengkalis telah dilaksanakan dari tanggal 28 Mei sampai dengan 30 Mei 2012. Sedangkan untuk tingkat Provinsi dilaksanakan di Pekanbaru tanggal 14 Juni sampai dengan 16 Juni 2012.

Kabupaten Bengkalis untuk tingkat Provinsi di Pekanbaru berdasarkan hasil penilaian, telah mengutus KUBE Sumber Rezeki I Desa Bantan Tengah Kecamatan Bantan dengan jenis usaha ternak madu lebah dan KUBE Tuah Mandiri Desa Sungai Selari Kecamatan Bukit Batu dengan jenis usaha bengkel las. Sedangkan untuk pendamping yang mewakili Bengkalis atas nama Joni Fitra pendamping Desa Sungai Selari Kecamatan Bukit Batu dan pendamping dari Desa Teluk Latak Kecamatan Bengkalis atas nama Zulkarnain Azmi. Sedangkan untuk mewakili Riau di tingkat Nasional, telah terpilih KUBE Sumber Rezeki I dan untuk pendamping Joni Fitra.